Norton 2009 : Zero Impact

norton_internet_security_2009-168141-11

Fast & Light

“Norton 2009, zero-impact, cepat, dan ringan, merupakan bukan klaim Symantec sepihak, melainkan juga menurut hasil dari pengujian independent”, ujar Effendy Ibrahim, Norton Business Lead, Asia South Region. Mendukung pernyataan tersebut, pihak Symantec sebelumnya telah meminta badan pengujian independen seperti PassMark Software untuk melakukan tes atau benchmark. Hasil laporan akhir pengujian ini pun bisa dilihat langsung dari situs PassMark. Beberapa hasil yang dinilainya cukup mengejutkan di antaranya adalah proses instalasi Norton Internet Security 2009 yang tercatat hanya menempuh waktu 52,77 detik, yang diklaim sebagai tercepat di antara para pesaingnya yang lain. Dari segi penggunaan memory saat komputer idle, dan antivirus tersebut berjalan di background, PassMark mencatat Norton Internet Security 2009 menggunakan memory sebesar 6,92 MB, sementara Norton AntiVirus 5,38 MB. Selain itu, scan terhadap 6159 files (total 982MB) dengan waktu selama 32,20 detik. PassMark pun mengklaim ini sebagai yang tercepat. Hasil tersebut berdasarkan penggujian menggunakan processor kelas atas, Intel Core 2 Duo 6300 dengan RAM 1 GB dan berbasis Windows Vista. Hasil ini tentunya akan sangat bervariasi jika dilakukan dengan spesifi kasi yang berbeda. Selain itu, AV-Test.org yang juga bertindak sebagai badan independen yang melakukan tes Norton 2009 dengan 33 program antivirus lainnya. Dan hasilnya menyatakan ia dapat mendeteksi 98.7% untuk malware, 95.4% untuk adware/spyware, dan tanpa false positive (kesalahan deteksi) sama sekali. Sebagai perbandingan, antivirus lain seperti halnya AntiVir Premium Suite, dengan hasil yang cukup tinggi 99.8% untuk malware, 99.0% untuk adware/spyware, namun dengan 1-2 false positive. Atau, AVK 2009 (GData) yang memperoleh hasil lebih tinggi lagi yakni 99.8% untuk malware, 99.8% untuk adware/spyware, namun masih dengan 1-2 false positive. Terlihat hasilnya sangat bervariasi, masing–masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 90.0pt 72.0pt 90.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>


/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Yang Baru di Norton 2009

Para engineer dari Symantec mengaku telah merancang ulang produknya untuk mencapai hasil maksimal, sehingga terciptalah Norton 2009, yang dikatakan telah melalui ratusan perbaikan kinerja. Beberapa fi tur baru yang diperkenalkan oleh Norton 2009, di antaranya: Norton Insight, yang dikatakan dapat meningkatkan kecepatan proses scan. Fitur ini sebenarnya merupakan teknik whitelist, yakni dengan melakukan pendataan terhadap file–file umum yang dipercayai tidak mengandung virus, agar nantinya file tersebut tidak melalui proses scanning, dengan begitu ini dipercayai dapat memangkas waktu scan. Rapid Pulse, teknologi yang menjanjikan adanya update setiap 5 hingga 15 menit yang juga diklaim sebagai yang tercepat dibanding para kompetitornya. SONAR (Symantec Online Network for Advanced Response), ini merupakan salah satu engine heuristic, yang bertugas mengenali malware ataupun serangan baru walaupun signature-nya belum terdapat dalam database. Teknologi heuristic lainnya yang sudah ada sejak dulu adalah Bloodhound Heuristic, yang dikatakan selain dapat mendeteksi virus baru, juga dapat membersihkan file yang terinfeksi walaupun signature virus tersebut belum terdapat dalam database nya. Ada pula fitur perlindungan khusus untuk browser seperti Internet Explorer dan Mozilla Firefox dari serangan berbasis web atau phishing. Silent Mode, yang akan meniadakan beberapa peringatan serta melakukan update secara otomatis sehingga tidak menggangu aktivitas dari user seperti saat sedang main game, menonton film, atau melakukan presentasi. Smart Scheduler, memungkinkan dilakukannya proses scanning, update, dan lain sebagainya ketika komputer dalam keadaan idle. Dan tentu saja selain melakukan pembaruan dan improvisasi pada core engine, user interface juga berbeda dari versi sebelumnya. User Interface barunya ini dikatakan lebih sederhana dan tidak membuat bingung para pengguna baru.

<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} a:link, span.MsoHyperlink {color:blue; text-decoration:underline; text-underline:single;} a:visited, span.MsoHyperlinkFollowed {color:purple; text-decoration:underline; text-underline:single;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 90.0pt 72.0pt 90.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Technical Support

Untuk membantu menangani masalah yang dialami oleh pemakai produk mereka, Symantec juga menyediakan support melalui e-mail, chat, maupun telepon tanpa dikenakan biaya tambahan apapun, tentunya terlepas dari biaya Internet atau telepon yang digunakan. Support ini dapat dilakukan pada jam kerja selama satu tahun sejak produk diinstal. Lebih lanjut, kunjungi http://www.symantec.com/globalsupport, dan pilih region tempat Anda berada, yang sayangnya Indonesia belum termasuk di dalamnya. Selain dukungan support gratis, Symantec saat ini juga menyediakan sebuah forum yang masih dalam status Beta. Bisa Anda temukan di http://community.norton.com/norton/. Produk Symantec selain diperuntukkan untuk korporat, juga terdapat pula untuk retail, bisa didapatkan dengan harga US$49,95 untuk Norton Internet Security 2009 dan US$39,95 untuk Norton AntiVirus 2009. Dan mulai tersedia di Indonesia mulai 16 Oktober 2008, bersamaan dengan acara peluncurannya di Indonesia.

download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: